BLU - RAY Disc

Satu lagi teknologi baru hadir di dunia optikal disc, setelah DVD, kini giliran Blu-Ray ikut menyemarakkan dunia digital strouge data berbentuk piringan.

Blu-Ray atau dikenal juga dengan sebutan Blu Ray Disc adalah format baru piringan optikal yang dibuat untuk media recording, re-writing, video playback high definition (HD) serta penyimpan data berkapasitas besar.

Format ini dikembangkan oleh Blu-Ray Disc Association (BDA), sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa pabrikan elektronik, PC dan media perekam seperti Apple, Dell, Hitachi, HP, JVC, LG, Mitsubishi, Panasonic, Pioneer, Philips, Samsung, Sharp, Sony, TDK dan Thomson.

Blu-Ray berkemampuan menampung lima kali lebih banyak dibanding format DVD, yakni 25 GB untuk versi single layer dan 50 GB pada versi dual layer. Daya tampung yang besar ini memanjakan kita dalam memaksimalkan perekaman video serta suara berkualitas tinggi atau dikenal dengan istilah High Definition (HD).

Blu-Ray menggunakan laser biru violet, berbeda dengan teknologi optikal disk DVD, DVD+R, DVD+RW, dan DVD-RAM yang memakai sinar laser Infra merah untuk menulis dan membaca data. Ini pula yang menjadi dasar penggunaan nama Blu-Ray.

Meski tipe lasernya berbeda, Blu-Ray tetap kompatibel dengan CD dan DVD, dengan menggunakan optik kompatibel BD/DVD/CD.

Keuntungan dari penggunaan laser biru (450nm) yakni memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada laser merah (650nm) sehingga titik laser lebih fokus meski dengan presisi yang tinggi. Selain itu, penyetoran data menjadi lebih padat sehingga dapat menampung lebih banyak walau ukuran piringannya sama seperti CD/DVD.

Soal kecepatan, berdasarkan Spesifikasinya, 1x sama dengan 36Mbps. Namun, untuk film, Spesifikasi BD-ROm berkecepatan transfer data minimal 54Mbps guna memenuhi kebutuhan standar. Saat ini Spesifikasinya sudah tersedia hingga versi 2x (72Mbps).

Meskipun media perekam itu sendiri masih memiliki kecepatan yang terbatas, namun faktor keterbatasan Blu-Ray sesungguhnya terletak pada Hardware.

Jika di asumsikan kecepatan maksimum putaran 10.000 RPM, kecepatan 12x pada diameter luar seharusnya sanggup mencapai 480Mbps. Inilah yang menjadi rencana Blu-Ray Disc Association (BDA) selanjutnya untuk meningkatkan kecepatannya hingga 8x (288Mbps).

0 comments: